Selasa, 01 November 2011

pentingnya sumber daya manusia



Pentingnya Sumber Daya Manusia
          Kini subjek kompetisi atau persaingan dalam perusahaan telah bergeser. Pada dekade yang lalu keunggulan sebuah perusahaan ditentukan oleh teknologi. Dewasa ini kompetisi atau persaingan global antar perusahaan ditandai dengan ketatnya persaingan SDM (Sumber Daya Manusia). hal ini bukan berarti peranan teknologi berkurang. Teknologi tetap berperan penting. Namun, tanpa didukung oleh SDM yang pandai teknologi secanggihan apapun kurang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Oleh karena itu, membangun SDM yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan teknologi menjadi tantangan yang harus dihadapi pada era globalisasi ini.
          Perubahan itu menimbulkan pandangan baru terhadap manusia. Dunia usaha tidak lagi memandang SDM hanya sebagai production cost (biaya produksi), melainkan sebagai aset perusahaan yang penting. Makin hebat yang SDM yang dimiliki, peluang kemajuan perusahaan makin besar. Oleh karena itu, kini banyak perusahaan yang berani menginvestasikan dana besar untuk meningkatkan daya saing SDM miliknya. Misalnya, membiayai pendidikan, menyelenggarakan penataran serta pelatihan, dan memberi penghargaan serta gaji yang lebih dari cukup. Tentu saja pengusaha sendiripun harus selalu meningkatkan kemampuan bersaingnya.
          Daya saing itu terutama dalam hal speed (kecepatan) dan inovasi. Kesuksesan perusahaan bukan ditentukan oleh ukuran kuat dan besar, tetapi cepat dan inovastif untuk membangun SDM semacam itu memerlukan proses belajar yang serius. Oleh karena itu, perlu ada upaya menjadikan belajar sebagai bagian dari proses kerja.

(Saduran bebas dari majalah Pilar Bisnis, 20 Januari - 2 Febuari 2003)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar