Kamis, 19 Desember 2013

Arti dan Fungsi Devisa

Dalam melakukan perdagangan antarnegara,  pembayaran yang diterima tidak dalam mata uang Rupiah, tetapi menggunakan mata uang asing. Begitu pula sebaliknya, sehingga dalam melaksanakan perdagangan antarnegara akan dikenal dengan istilah devisa.

Devisa adalah alat pembayaran luar negeri (internasional) yang berupa wesel, cek, dan sebagainya yang dapat di uangkan di luar negeri.

Tingkat devisa menunjukkan besarnya kekayaan suatu negara dalam bentuk mata uang asing. Artinya jika devisa suatu negara besar, maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut mempunyai kekayaan dalam bentuk mata uang asing yang besar.

Setelah mengetahui arti devisa, ada pula fungsi devisa. Fungsi devisa yang dimaksud di sini adalah fungsi praktis atau kegunaan sehari-hari devisa dalam perdagangan antarnegara. Fungsi-fungsi devisa ialah:

a.   Untuk membiayai impor barang dan jasa
b. Untuk membayar pokok hutang, cicilan hutang, dan bunga hutang atas hutang luar negeri.
c.   Untuk membiayai konsultan, kedutaan, dan sebagainya.

Dengan bertambahnya nilai ekspor, maka devisa akan meningkat. Dan jika nilai impor meningkat, maka devisa akan berkurang. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa sumber-sumber devisa adalah:

a.   Ekspor Barang
Semakin banyak barang yang diekspor, maka pembayaran yang diterima negara dalam bentuk devisa akan meningkat. Oleh sebab itu, ekspor harus lebih banyak agar devisa terus bertambah.

b.   Ekspor Jasa
Pengiriman tenaga kerja Indonesia di luar negeri merupakan ekspor jasa yang akan menambah devisa negara.

c.   Penerimaan Modal
Pinjaman yang masuk dapat dikategorikan sebagai pinjaman modal, baik pinjaman yang dilakukan oleh negara maupun swasta. Dengan adanya pinjaman dari luar negeri, devisa yang masuk akan lebih besar daripada devisa yang keluar.





Sumber: buku LKS Ekonomi SMP kelas 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN DISKUSI

Pada kondisi bagaimana translasi mata uang asing mempengaruhi mata uang asing? Jawaban: Hubungan terbalik antara tingkat inflasi sebuah n...