Kamis, 19 Desember 2013

BANK

Pengertian bank menurut Undang-Undang pokok Perbankan No. 7 Tahun 1992 yang telah diubah dengan UU No. 10 Tahun 1998 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas tafar hidup masyarakat banyak.

Bank berasal dari bahasa Italia yaitu Banca, yang artinya meja yang digunakan sebagai tempat menukar uang di pasar. Selanjutnya dalam kehidupan sehari-hari bank umumnya diartikan sebagai tempat menyimpan uang dan meminjam uang.

Secara ilmiah ada beberapa pengertian bank, yaitu:

a.   Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992, bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup rakyat banyak.
b.   Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1965, bank adalah semua perusahaan dan badan-badan dengan tidak memandang bentuk hukumnya yang sebagian besar secara terang-terangan menawarkan diri melakukan usaha-usaha guna menerima uang dalam deposito atau dalam Rekening Koran dan juga mengadakan usaha-usaha untuk memberikan kredit atas tanggungan sendiri.
c.   Menurut G.M Verryn Stuart, bank adalah suatu badan yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan kredit, baik dengan alat-alat pembayarannya sendiri maupun dengan uang yang diperoleh dari pihak lain tau dengan jalan mengedarkan alat-alat penukar baru berupa uang giral.
d.   Menurut Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan, bank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, mengawasi peredaran mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga, dan membiayai usaha perusahaan-perusahaan.

Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa bank adalah lembaga keuangan yang merupakan tempat penyimpanan tau penitipan uang, pemberi, atau penyalur kredit, dan sebagai perantara dalam lalu lintas pembayaran.





Sumber: buku LKS Ekonomi SMP kelas 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN DISKUSI

Pada kondisi bagaimana translasi mata uang asing mempengaruhi mata uang asing? Jawaban: Hubungan terbalik antara tingkat inflasi sebuah n...