Jumat, 02 Desember 2011

HARGA

Harga adalah nilai barang yang ditentukan dengan uang atau alat tukar yang lain yang senilai, yang harus dibayarkan untuk barang dan jasa pada waktu tertentu di pasar tertentu. Tingkat harga suatu barang dan jasa senantiasa berubah dari waktu ke waktu.
Selain produk, distribusi, dan promosi, salah satu elemen penting dalam pemasaran adalah harga. Kebijakan harga merupakan cara penetapan harga atau jasa yang akan dijual. Kebijakan harga yang akan ditetapkan sangat dipengaruhi oleh tingkat laba yang ingin dicapai, permintaan, biaya produksi, dan tujuan khusus yang ingin dicapai oleh perusahaan.
Angka Indeks
Angka indeks adalah suatu angka yang digunakan untuk menyatakan tingkat harga pada waktu terhadap tingkat harga pada suatu periode dasar. Tingkat harga pada periode dasar dinyatakan dengan nilai 100. Angka indeks digunakan untuk membandingkan dinamika tingkat harga antarwaktu dan untuk mengamati perusahaan tingkat produksi upah, dan biaya hidup. Harga indeks juga dapat digunakan untuk mempelajari tingkat harga pada tahun yang sama untuk dan kelas yang berbeda, misalnya untuk mengetahui perbandingan harga beras di Jawa Barat dan Jakarta atau harga beras di daerah pedesaan dengan perkotaan di Kalimantan Timur.
Indeks Harga
Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat mengkonsumsi berbagai jenis barang dan jasa, seperti bahan makanan, iuran listrik, dan biaya trasportasi. Harga dari setiap barang yang dikonsumsi tersebut selalu berbuah. Beragamnya barang yang dikonsumsi masyarakat menyebabkan sulitnya mendapat gambaran tentang perubahan indeks agar secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan suatu harga yang dapat meringkas harga barang tersebut yang disebut “indeks harga”. Indeks harga pada periode dasar dinyatakan dengan nilai 100.
Jenis indeks harga antara lain meliputi indeks harga konsumen (IHK) dan indeks harga perdagangan besar (IPHB). IHK adalah indeks yang mengukur rata-rata perubahan harga antarwaktu dari sekelompok barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga terhadap suatu periode dasar. IPHB adalah indeks yang mengukur rata-rata perubahan harga barang pada perdagangan besar. Data IHK dan IPHB dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada setiap bulan.
Metode Perhitungan Indeks Harga
Untuk menyusun suatu indeks harga, selain data tingkat harga yang akurat, diperlukan juga suatu tahun dasar serta penimbangan yang berguna dalam menyatakan pentingnya suatu komonditas dalam penyusunan indeks harga. Ada dua metode dalam penyusunan indeks harga, yakni tertimbang dan tidak tertimbang. Untuk menghitung indeks harga tertimbang diperlukan suatu penimbang, seperti jumlah barang yang dikonsumsi oleh rumah tangga pada tahun dasar atau pada tahun berjalan. Adapun dalam indeks harga tidak tertimbang, indeks harga dihitung sebagai pertimbangan antara jumlah dari seluruh barang pada tahun berjalan terhadap jumlah harga dari seluruh barang pada tahun dasar dikalikan 100.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN DISKUSI

Pada kondisi bagaimana translasi mata uang asing mempengaruhi mata uang asing? Jawaban: Hubungan terbalik antara tingkat inflasi sebuah n...