Jumat, 02 Desember 2011

Sebab-Sebab Kebutuhan Manusia


Telah diketahui kebutuhan manusia beranekaragam baik kebutuhan menurut tingkat kepentingannya, waktunya, maupun sifatnya. Apakah yang menyebabkan kebutuhan manusia beraneka ragam ?? Marilah kira pelajari uraian berikut !!
a.         Dahulu, ketika kehidupan manusia sangat sederhana, kehidupannya sedikit sekali, terutama hanya kebutuhan pokok. Itulah dalam wujud sangat sederhana. Dari pelajaran sejarah kamu ketahui bahwa pakaian manusia purba terbuat dari kulit kayu, bukan ?? Karena peradaban manusia bertambah maju, macam-macam kebutuhannya bertambah. Selain kebutuhan pokok, terdapat kebutuhan tambahan, bahkan kabutuhan tambahan untuk kemewahan. Contoh, kira-kira 50 tahun lalu, orang-orang di daerah pedesaan belum membutuhkan sepeda motor. Akan tetapi, sekarang mereka membutuhkan kendaraan bermotor. Televisi yang dahulu belum dibutuhkan, sekarang telah masuk kepelosok-pelosok pedesaan.
b.        Kehidupan manusia tidak terlepas dari kebudayaan. Ruang lingkup kebudayaan manusia meliputi:
1)        Religi atau kepercayaan kepada Tuhan (bukan agama karena agama bukan bukan hasil karya manusia, melainkan wahyu Tuhan);
2)        Kemasyarakatan;
3)        Ekonomi/mata pencaharian;
4)        Ilmu pengetahuan;
5)        Teknologi/peralatan;
6)        Kesenian;
7)        Bahasa.
Jadi, simpulannya kemajuan peradaban menambah keanekaragaman kabutuhan.
Tiap lingkup kebudayaan mambutuhkan sarana dan menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia.
Contoh:
1)        Masjid, gereja, dan pura adalah hasil budaya religi/keagamaan yang dibutuhkan manusia sebagai sarana beribadah.
2)        Rumah adalah hasil budaya teknologi/peralatan yang dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi salah satu kebutuhan pokoknya.
3)        Mobil adalah hasil budaya teknologi/peralatan yang dibutuhkan manusia sebagai alat transportasi.
4)        Perahu adalah hasil budaya teknologi/peralatan yang dibutuhkan manusia sebagai alat transportasi air.
5)        Buku ilmiah adalah budaya ilmu pengetahuan yang dibutuhkan oleh manusia untuk menambah pengetahuan.
6)        Tarian-tarian adalah hasil budaya kesenian yang dibutuhkan oleh manusia sebagai sarana hiburan.

c.         Pak Sadewa adalah seorang pengusaha besar dibidang angkatan bus. Armada bus nya berjumlah ratusan. Jaringan trayeknya menjangkau seluruh Jawa, Sumatra, Bali, dan Lombok. Karyawan nya ribuan orang. Namun, Pak Sadewa selalu berusaha agar perusahaannya terus-menerus berkembang. Ia selalu melakukan usaha dan inovasi untuk meningkatkan strategi pemasaran, pelayanan, dan memperluas jaringan. Sifat Pak Sadewa itu merupakan sifat umum manusia. tidak hanya pengusaha, tetapi setiap manusia selalu merasa tidak puas. Apabila kebutuhan terpenuhi, muncul kebutuhan lain. Apabila kebutuhan lain terpenuhi timbul kebutuhan lain lagi. Orang yang semula merasa puas dengan memiliki sepeda motor, kemudian ingin membeli mobil.
Jadi, simpulannya sifat ketidakpuasan manusia menyebabkan keanekaragaman kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN DISKUSI

Pada kondisi bagaimana translasi mata uang asing mempengaruhi mata uang asing? Jawaban: Hubungan terbalik antara tingkat inflasi sebuah n...