Rabu, 14 Desember 2011

Kemampuan untuk kemandirian

Kemampuan Untuk Kemandirian
Daya kreativitas dan inovasi memerlukan sarana atau modal untuk mandiri. Mandiri berarti tidak menggantungkan diri pada orang lain. Orang yang mandiri akan mampu mengatasi kesulitan hidup yang dihadapinya. Kemandirian harus kamu latih sedini mungkin. Untuk itu, hal-hal berikut perlu kamu perhatikan.
1.        Pusatkan perhatian pada kelebihanmu untuk menyelesaikan pekerjaan
Tiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Manfaatkan kelebihanmu untuk melatih kemandirian. Jangan menganggap remeh potensi yang kamu miliki. Sekecil apapun potensi mu sangat bermanfaat untuk hidup mandiri.
2.        Berlatih menghadapi pekerjaan yang menanti
Banyak pekerjaan yang menanti kamu. Kerjakanlah pekerjaan dengan sepenuh hati.
3.        Pilihlah pekerjaan yang paling kamu senangi
Dengan memilih pekerjaan yang kamu suka, kamu akan menikmati pekerjaanmu.
4.        Gabungkan ketekunan dan potensi mu
Dengan menggunakan ketekunan dan potensi mu, kamu akan meraih hasil yang maksimal dan memuaskan.
5.        Menentukan tujuan
Kamu harus selalu berfikir,”keberhasilan apa yang ingin saya capai dengan pekerjaan saya ini ?”.
6.        Kembangkan rasa percaya diri
Untuk hidup mandiri, kamu perlu memiliki rasa percaya diri. Dengan rasa percaya diri, kamu tidak ragu-ragu untuk melangkah ke arah kemandirian.
7.        Rela menanggung resiko
Setiap pekerjaan mengandung resiko. Apabila sebelum bertindak kamu takut menghadapi resiko, selamanya kamu tidak akan mencapai kemandirian.
Untuk menyongsong masa depan, banyak bidang yang dapat kamu tekuni mulai sekarang. Tidak hanya bidang teknologi. Tetapi juga bidang seni, kerajinan, atau olahraga. Banyak pekerjaan yang dapat kamu rintis mulai sekarang. Mulai dari yang kecil dulu. Misalnya, berlatih memperbaiki sepeda motor, reparasi televisi, radio, video, menjahit, dan usaha dagang kecil-kecilan. Banyak orang sukses yang mulai dari usaha kecil. Hal yang penting ialah kamu harus tekun, ulet, berwawasan luas, berani mengambil resiko, tidak pemalu, dan kreatif. Orang-orang semacam itulah yang dibutuhkan oleh dunia kerja pada abad-21 ini. Dengan membiasakan dan memiliki sifat-sifat semacam itu, kelak kamu tidak menjumpai kesulitan dalam memasuki dunia kerja. Bahkan, mungkin kamu dapat menciptakan lapangan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN DISKUSI

Pada kondisi bagaimana translasi mata uang asing mempengaruhi mata uang asing? Jawaban: Hubungan terbalik antara tingkat inflasi sebuah n...