Selasa, 13 Desember 2011

tugas softskill minggu 8 pengantar bisnis

TUGAS  MINGGU 8.
1.      APA YG DIMAKSUD NILAI WAKTU UANG

Nilai waktu uang adalah merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Dalam memperhitungkan, baik nilai sekarang maupun nilai yang akan datang maka kita harus mengikutkan panjangnya waktu dan tingkat pengembalian maka konsep time value of money sangat penting dalam masalah keuangan baik untuk perusahaan, lembaga maupun individu. Dalam perhitungan uang, nilai Rp. 1.000 yang diterima saat ini akan lebih bernilai atau lebih tinggi dibandingkan dengan Rp. 1.000 yang akan diterima dimasa akan datang.



2.   APA ARTI BUNGA JIKA SESEORANG MENABUNG SEJUMLAH DANA DI BANK
Bunga bank dapat diartikan sebagai balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya. Bunga juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar kepada nasabah (yang memiliki simpanan) dengan yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (nasabah yang memperoleh pinjaman).


3.   APA YG DIMAKSUD NILAI WAKTU UANG YANG AKAN DATANG /FUTURE  VALUE
Nilai waktu uang yang akan datang (future value) merujuk pada besarnya nilai uang yang ada saat ini bila diproyeksikan ke masa mendatang.
Nilai uang di masa mendatang dapat berbeda dengan nilai uang di saat ini.

Sebagai contoh, bila sejumlah uang di saat ini ditabungkan di bank dengan bunga majemuk, maka di waktu mendatang, nilai nominal uang tersebut dapat naik.

4.BUATLAH SOAL UNTUK MENGAPLIKASI KAN SOAL NO.3 DENGAN SUATU KASUS
Contoh soal untuk mengaplikasikan soal No. 3 dengan suatu kasus
Pak Rudi membeli sebuah rumah di daerah Kemang Pratama dengan luas 8M X 10M dengan fasilitas terdapat 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 garasi dan dapur. Dengan harga Rp. 350.000.000. Namun 5 tahun kemudian pak Rudi menjual rumah tersebut tetapi harganya kini berubah menjadi Rp. 455.000.000. Hitunglah dengan bunga nilai majemuk!



5.      APA  ARTI NILAI  TUNAI  ANUITAS & BIASA DIGUNAKAN  UNTUK USAHA DI  BIDANG  APA   
Anuitas biasa adalah serangkaian pembayaran dalam jumlah tertentu pada akhir periode. Anuitas umumnya dibeli untuk pendapatan pensiun. Anuitas digunakan untuk usaha di bidang asuransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN DISKUSI

Pada kondisi bagaimana translasi mata uang asing mempengaruhi mata uang asing? Jawaban: Hubungan terbalik antara tingkat inflasi sebuah n...