Jumat, 18 Oktober 2013

Angkatan Kerja


Angkatan kerja erat kaitanya dengan jumlah penduduk. Karena jumlah penduduk yang selalu berkembang, jumlah angkatan kerja pun selalu meningkat.
Penduduk dapat dikelompokkan menurut umur sebagai berikut:
a.    Penduduk yang berumur 0-14 tahun termasuk penduduk nonproduktif (di bawah usia kerja).
b.    Penduduk yang berumur 15-64 tahun termasuk penduduk produktif (usia kerja).
c.    Penduduk yang berumur di atas 64 tahun termasuk penduduk nonproduktif (di atas usia kerja).
Penduduk produktif (usia kerja/umur 15-64 tahun) dapat dikelompokkan menjadi dua golongan angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.
Angkatan kerja dapat dikelompokkan menjadi empat golongan, yaitu mereka yang bekerja penuh, pengangguran terbuka, setengah menganggur, dan pengangguran tersembunyi.
a.    Mereka yang bekerja penuh adalah angkatan kerja yang aktif menyumbangkan tenaganya dalam kegiatan produktif.
b.    Pengangguran terbuka atau open unemployment adalah mereka yang sama sekali tidak bekerja, tetapi sedang mencari pekerjaan (sewaktu-waktu siap bekerja).
c.    Setengah menganggur under unemployment adalah mereka yang bekerja tidak sesuai dengan pendidikan/keahliannya atau tidak menggunakan sepenuh tenaganya karena kurangnya lapangan pekerjaan. Misalnya:
1)    Seorang sarjana bekerja tidak sesuai dengan pendidikannya.
2)   Seorang petani setelah menanam padi, kemudian menganggur menunggu musim menyiangi dan musim panen.
d.    Pengangguran tersembunyi (pengangguran tersamar) atau disguise employment, artinya suatu pekerjaan dikerjakan oleh pekerja yang berlebihan sehingga mereka tidak bekerja secara maksimal.
Misalnya: Sebidang sawah yang seharusnya dapat diselesaikan (digarap) oleh lima orang tetapi dikerjakan oleh sepuluh orang. Dengan demikian, kelebihan tenaga kerja lima orang. Lima orang itulah yang disebut pengangguran tersembunyi.
Yang termasuk bukan angkatan kerja adalah mereka yang berusia kerja, tetapi tidak bekerja dan tidak sedang mencari pekerjaan, misalnya pelajar, mahasiswa, dan ibu-ibu rumah tangga.
Jumlah angkatan kerja setiap tahun selalu berubah sesuai dengan perubahan jumlah penduduk dan perubahan komposisi (susunan) penduduk menurut umur.
Jadi, angkatan kerja adalah penduduk dalam usia produktif (usia kerja), yaitu berumur antara 15-64 tahun baik yang sudah bekerja maupun yang sedang mencari pekerjaan.

Sumber: Suroso, Rendro Adi Widigdo. 2004. Paket Ekonomi SMP kelas 2. Solo: Tiga Serangkai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN DISKUSI

Pada kondisi bagaimana translasi mata uang asing mempengaruhi mata uang asing? Jawaban: Hubungan terbalik antara tingkat inflasi sebuah n...