Jumat, 18 Oktober 2013

Keunggulan Absolut


Perdagangan antara dua negara terjadi apabila dua negara itu mempunyai perbedaan keunggulan absolut pada barang yang dihasilkan tiap-tiap negara. Misalnya, Indonesia memiliki keunggulan absolut pada karet, sedangkan Jepang memiliki keunggulan absolut pada sepeda motor. Oleh karena itu, Indonesia dan Jepang dapat mengadakan hubungan perdagangan karet dan sepeda motor.

Keunggulan absolut dimiliki oleh suatu negara apabila negara tersebut dapat memproduksi barang dengan biaya produksi lebih murah daripada negara-negara lain yang memproduksi barang sejenis. Misalnya, faktor-faktor produksinya lebih murah dan didukung oleh keadaan alam, antara lain iklim yang menunjang pelaksanaan produksi. Agar lebih jelas, pelajarilah contoh berikut :

Di Indonesia seorang tenaga kerja dalam waktu tertentu dapat menghasilkan hem batik 200 potong. Apabila tenaga kerja itu membuat televisi, dalam waktu yang sama hanya dapat menghasilkan televisi 4 unit. Apabila tenaga kerja di Jepang itu membuat hem batik, dalam waktu yang sama hanya dapat menghasilkan hem batik 5 potong. Data tersebut dapat dibuat tabel sebagai berikut.

Seorang tenaga kerja dalam waktu tertentu
Negara
Menghasilkan hem batik
Menghasilkan televisi
Keterangan
Indonesia
200 potong
4 unit
50 hem batik = 1 televisi
Jepang
5 potong
60 unit
1 hem batik = 12 televisi
Dari tabel tersebut, terlihat beberapa hal berikut:

1.     Indonesia memiliki keunggulan absolut pada hem batik karena seorang tenaga kerja dalam waktu tertentu dapat menghasilkan hem batik 200 potong, sedangkan seorang tenaga kerja di Jepang dalam waktu yang sama hanya menghasilkan hem batik 5 potong.

2.    Jepang memiliki keunggulan absolut pada televisi, karena seorang tenaga kerja dalam waktu tertentu dapat menghasilkan televisi 60 unit, sedangkan seorang tenaga kerja di Indonesia dalam waktu yang sama hanya menghasilkan 4 unit.

Keunggulan absolut Indonesia pada hem batik, karena bahan hem batik lebih murah dan dikerjakan oleh tenaga kerja murah serta terampil. Keunggulan absolut Jepang pada televisi karena didukung oleh peralatan canggih dan tenaga kerja ahli.

Keunggulan absolut atau keunggulan mutlak dalam bahasa Inggris disebut Absolut advantage. Konsep keunggulan mula-mula dikembangkan oleh pakar ekonomi bangsa Inggris bernama Adam Smith dalam bukunya The Wealth of Nations pada tahun 1776.
Jadi, keunggulan absolut adalah keunggulan suatu negara karena dapat memproduksi si barang dengan biaya produksi murah, sehingga harga barang hasil produksinya lebih murah daripada harga barang sejenis dari negara lain.



Sumber: Suroso, Rendro Adi Widigdo. 2004. Paket Ekonomi SMP kelas 3. Solo: Tiga Serangkai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN DISKUSI

Pada kondisi bagaimana translasi mata uang asing mempengaruhi mata uang asing? Jawaban: Hubungan terbalik antara tingkat inflasi sebuah n...