Senin, 21 Oktober 2013

Apa Sajakah Kebijakan Moneter itu ?

Apa Sajakah Kebijakan Moneter itu ?

Pemerintah selalu berusaha untuk mengontrol peredaran uang agar stabilitas uang dan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan tetap terjaga. Kebijakan yang diambil pemerintah dalam urusannya dengan hal tersebut dinamakan kebijakan moneter
Kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia sebagai Bank Sentral antara lain:

  • Operasi Pasar Terbuka (Open Market Operational)

Maksud dari operasi pasar terbuka adalah kegiatan pembelian dan penjualan surat-surat berharga oleh Bank Sentral dengan tujuan memengaruhi jumlah uang yang beredar. Tujuannya untuk mengendalikan inflasi.
  • Politik Diskonto

Politik diskonto merupakan kegiatan Bank Sentral untuk mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat dengan cara menaikkan atau menurunkan suku bunga bank. Dengan kata lain mengatur tingkatan suku bunga bank.

  • Kebijakan Cabang Wajib (Cash Reserve Ratio)

Dalam kebijakan ini mewajibkan setiap bank untuk memiliki cadangan dana dengan persentase tertentu di luar kewajiban-kewajiban yang harus di penuhi, sehingga bank terhindar dari kepailitan.
  •  Pengawasan Kredit dengan Selektif (Selective Credit Control)

Artinya dalam memberikan kredit, bank harus selektif, tidak semua ajuan kredit harus dicairkan. Kemampuan peminta kredit harus diperhatikan.






Sumber: buku LKS Ekonomi SMP kelas 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTANYAAN DISKUSI

Pada kondisi bagaimana translasi mata uang asing mempengaruhi mata uang asing? Jawaban: Hubungan terbalik antara tingkat inflasi sebuah n...